Sejarah OFC dan Daftar Negara Anggota Konfederasi OFC

Sejarah OFC dan Daftar Negara Anggota Konfederasi OFC

OFC adalah salah satu bagian dari Federasi sepakbola dunia selain FIFA dan merupakan dari induk sepakbola untuk bagian wilayah Oseania. Kepanjangan/Singkatan dari OFC adalah Oceania Football Confederation atau dalam bahasa Indonesia "Konfederasi Sepakbola Oseania". Oseania merupakan sebutan atau istilah untuk suatu wilayah geopolitis dan geografis yang terdiri dari sejumlah berbagai kepulauan di samudera pasifik dan sekitarnya dan juga merupakan benua yang memiliki luas area daratan paling kecil dan populisinya paling sedikit kedua setelah benua Antartika. Back to title/judul postingan sejarah konfederasi OFC ini lumayan cukup panjang mari kita simak dari awal sampai akhir, supaya anda sebagai pecinta bola bisa menambah wawasannya hehehe.


SEJARAH OFC OCEANIA FOOTBALL CONFEDERATION
Ide terbentuknya sebuah konfederasi untuk wilayah pasifik pertama kali muncul pada tahun 1964 ketika sebuah event sepakbola dunia berpusat di Kota Tokyo,Jepang dalam rangka Olimpiade Tokyo. Kemudian ada 3 orang Pria yang membahas ide pencetusan tadi hingga terbentuklah sebuah federasi sepakbola oseania yang sekarang disebut OFC. 3 orang tersebut adalah : Presiden FIFA saat itu Sir Stanley Rous, Jim Bayutti dari salah satu Asosiasi Federasi Sepakbola Australia, yang terakhir ada nama Sid Guppy ketua dari asosiasi sepakbola Selandia Baru. Diskusi ini muncul setelah induk dari sepakbola Asia atau Asian Football Confederation yang baru terbentuk 10 tahun sebelumnya tidak menerima Selandia Baru maupun Australia untuk menjadi anggota dari AFC. Inilah landasan utama mereka hingga kemudian terdorong untuk membuat diskusi penting ini di Tokyo.

Kongres Perdana
Pada tahun 1968 untuk pertama kalinya OFC membuat kongres perdana dan delegasi pertama untuk menanggapi proposal dari Australia dan Selandia Baru yang bersepakat bahwa Sir William Walkley dan Ian Mc Andrew ditunjuk sebagai ketua dan sekretaris/bendahara masing-masing. Sir William dalam pernyataan pembukaan kongres kemudian menyerukan "Semua Negara (mari) bekerja sama untuk mengembangkan sepakbola di bagian Pasifik selatan".

OFC Akademi
Sepakbola di wilayah pasifik mendapat dorongan besar saat OFC mengucurkan dana jutaan dollar untuk membangun bibit bintang sepak bola masa depan kemudian dibangun sebuah fasilitas di salah satu tempat rugby paling terkenal di selandia baru.Charles J. Dempsey Football Academy membangun sebuah Mount Smart Stadium dengan biaya NZD 1,2 juta. Fasilitas yang dibangun ini, selesai pada tahun 1999, kemudian memberikan pembinaan, wasit dan fasilitas administrasi untuk semua 11 asosiasi anggota OFC.
Sejak itu ditampung berbagai tim dari seluruh wilayah, khususnya pemain usia-kelompok seperti OFC yang berfokus pada peningkatan standar sepak bola untuk tingkat usia muda. Mantan Presiden OFC Charles Dempsey pernah berkata, "masa depan sepak bola terletak pada pemuda hari ini dan itu adalah mereka yang membutuhkan bantuan kita, untuk membawa orang-orang ke dalam permainan dan untuk memastikan bahwa mereka mendapatkan standar pembinaan terbaik untuk wilayah kami dapat kami sediakan . "

Masa Depan
Dengan dukungan dari badan dunia seperti FIFA, OFC telah bergerak cepat pada berbagai tingkatan dan akan terus melakukannya di masa depan. Semua asosiasi anggota memiliki kantor fungsional penuh dan staf dan bekerja tanpa lelah untuk mengembangkan sepak bola di daerah masing-masing. OFC telah diluncurkan kembali kompetisi seperti Piala Oseania (Oceania Cup) dan O-League.
ofc football
OFC Football

Dalam tahun-tahun mendatang OFC akan terus berupaya untuk meningkatkan standar sepak bola di seluruh Oceania baik di dalam dan luar lapangan. Seperti semua pekerjaan pembangunan, sebagian besar dari apa OFC tidak ambil berita utama tetapi tanpa kerja konfederasi ini para pemain dan penggemar di negara-negara anggota tidak akan memiliki kerangka di mana untuk melatih kemampuan mereka dan menikmati sepakbola mereka.

PROFIL OFC OCEANIA FOOTBALL CONFEDERATION
DAFTAR NEGARA ANGGOTA OFC

Ofc logo
OFC Logo

Nama
Oceania Football Confederation
Singkatan
OFC
Dibentuk
Tahun 1966
Jenis Organisasi
Organisasi Olahraga
Kantor Pusat
Auckland, Selandia Baru
Anggota
14 Anggota Asosiasi
Bahasa
Inggris
Presiden
David Chung
Website

Berikut Daftar Negara anggota OCF Oceania Football Confederation
-Samoa Amerika
-Cook Island
-Fiji
-Kiribati
-Selandia Baru
-Papua New Guinea
-Samoa
-Kepulauan Solomon
-Tonga
-Tuvalu
-Vanuatu

dan berikut daftar lengkap Presiden OFC sepanjang masa.

Nama
Masa Jabatan
William Walkley
1966-1970
Jack Cowie
1970-1972
Vic Tuting
1972
Jack Cowie
1972-1978
Arthur George
1978-1982
Charles Dempsey
1982-2000
Johnny Tinsley Lulu
2000-2003
Tautulu Roebuck
2003-2004
Reynald Ternarii
2004-2010
David Chung
2010-2011
David Chung
2011-sekarang
loading...
Tentang Blog   •  Hubungi Kami  •  Kebijakan Privasi  •  Sanggahan