Sejarah FIFA World Cup atau Piala Dunia

Sejarah FIFA World Cup atau Piala Dunia

Siapa yang tidak mengenal Event akbar sepakbola yang satu ini yang dikenal Piala Dunia atau FIFA WORLD CUP dalam artikel ini kami akan ulas lengkap tentang sejarha fifa world cup (piala duni) dari mulai sejarah terbentuknya FIFA WORLD CUP atau Piala Dunia hingga ulasan lengkap lainnya.

Piala Dunia FIFA, sering juga disebut Piala Dunia, adalah kompetisi sepak bola internasional diperebutkan oleh tim nasional pria senior dari anggota FIFA, badan dunia olahraga. kejuaraan telah diberikan setiap empat tahun sejak turnamen perdana pada tahun 1930, kecuali pada tahun 1942 dan 1946 ketika itu tidak diadakan karena Perang Dunia Kedua. Juara saat ini adalah Jerman, yang memenangkan gelar keempatnya di turnamen 2014 di Brasil.



Format saat kompetisi melibatkan fase kualifikasi, yang saat ini berlangsung selama tiga tahun sebelumnya, untuk menentukan tim mana yang lolos ke fase turnamen, yang sering disebut Piala Finals Dunia. 32 tim, termasuk negara tuan rumah otomatis lolos bersaing di fase turnamen untuk judul di tempat dalam negara tuan rumah selama sekitar satu bulan.

20 turnamen Piala Dunia telah dimenangkan oleh delapan tim nasional yang berbeda. Brasil telah memenangkan lima kali, dan mereka adalah satu-satunya tim untuk bermain di setiap turnamen. Para pemenang lainnya Piala Dunia adalah Jerman dan Italia, dengan empat gelar masing-masing; Argentina dan pemenang perdana Uruguay, dengan dua gelar masing-masing; dan Inggris, Perancis dan Spanyol, dengan satu judul setiap.

Piala Dunia adalah turnamen sepak bola paling bergengsi di dunia serta yang paling banyak dilihat dan diikuti acara olahraga di dunia, melebihi bahkan Olimpiade; penonton kumulatif dari semua pertandingan Piala Dunia FIFA 2006 diperkirakan 26.29 Milliar dengan perkiraan 715.100.000 orang menonton pertandingan final, kesembilan dari seluruh penduduk planet ini.

SEJARAH PIALA DUNIA FIFA World Cup

Pertandingan sepak bola internasional pertama di dunia adalah pertandingan yang bermain di Glasgow pada tahun 1872 antara Skotlandia dan Inggris, yang berakhir imbang 0-0. Turnamen internasional pertama, edisi perdana Home Championship Inggris, berlangsung pada tahun 1884. Seperti sepak bola tumbuh dalam popularitas di bagian lain dunia pada pergantian abad ke-20, itu digelar sebagai olahraga demonstrasi tanpa medali diberikan pada Olimpiade 1900 dan 1904 (Namun, IOC telah surut upgrade status untuk acara resmi ), dan pada Olimpiade Interkala 1906.

Setelah FIFA didirikan pada tahun 1904, ia mencoba untuk mengatur turnamen sepak bola internasional antara negara-negara di luar kerangka Olimpiade di Swiss pada tahun 1906. Ini adalah hari yang sangat awal untuk sepak bola internasional, dan sejarah resmi FIFA menggambarkan persaingan sebagai telah gagal.

Fifa world cup
FIFA World Cup

Pada Olimpiade 1908 di London, sepak bola menjadi kompetisi resmi. Direncanakan oleh The Football Association (FA), sepakbola yang mengatur tubuh Inggris, acara ini untuk pemain amatir saja dan dianggap mencurigakan sebagai acara daripada kompetisi. Britania Raya (diwakili oleh tim sepak bola amatir nasional Inggris) memenangkan medali emas. Mereka mengulangi prestasi tahun 1912 di Stockholm.

Dengan acara Olimpiade terus diperebutkan hanya antara tim amatir, Sir Thomas Lipton menyelenggarakan turnamen Sir Thomas Lipton Trophy di Turin pada 1909. Lipton turnamen itu kejuaraan antar klub masing-masing (tidak tim nasional) dari berbagai negara, masing-masing yang mewakili seluruh bangsa. Kompetisi ini kadang-kadang digambarkan sebagai Piala Dunia Pertama, dan menampilkan sisi klub profesional paling bergengsi dari Italia, Jerman dan Swiss, tetapi FA Inggris menolak dikaitkan dengan kompetisi dan menolak tawaran untuk mengirim tim profesional . Lipton mengundang Barat Auckland, sisi amatir dari County Durham, untuk mewakili Inggris sebagai gantinya. West Auckland memenangkan turnamen dan kembali pada tahun 1911 berhasil mempertahankan gelar mereka.

Pada tahun 1914, FIFA sepakat untuk mengakui turnamen Olimpiade sebagai "kejuaraan sepak bola dunia untuk amatir", dan mengambil tanggung jawab untuk mengelola acara. Ini membuka jalan bagi kompetisi sepakbola antar benua pertama di dunia, di Olimpiade Musim Panas 1920, diperebutkan oleh Mesir dan 13 tim Eropa, dan dimenangkan oleh Belgia. Uruguay memenangkan dua turnamen sepak bola Olimpiade berikutnya pada tahun 1924 dan 1928. Mereka juga dua orang pertama kejuaraan dunia yang terbuka, tahun 1924 adalah awal dari era profesional FIFA.


Piala Dunia sebelum Perang Dunia II

Karena keberhasilan turnamen sepak bola Olimpiade, FIFA, dengan Presiden Jules Rimet sebagai kekuatan pendorong, lagi mulai melihat pementasan turnamen internasional sendiri di luar Olimpiade. Pada 28 Mei 1928, Kongres FIFA di Amsterdam memutuskan untuk menggelar kejuaraan dunia itu sendiri.  Dengan Uruguay sekarang dua kali juara dunia sepakbola resmi dan untuk merayakan ulang tahun keseratus mereka kemerdekaan pada tahun 1930, FIFA bernama Uruguay sebagai negara tuan rumah turnamen Piala Dunia perdana.

Asosiasi nasional dari negara-negara yang dipilih diundang untuk mengirim tim, tapi pilihan Uruguay sebagai tempat untuk kompetisi berarti perjalanan panjang dan mahal di Samudra Atlantik untuk sisi Eropa. Memang, tidak ada negara Eropa berjanji untuk mengirim tim sampai dua bulan sebelum dimulainya kompetisi. Rimet akhirnya membujuk tim dari Belgia, Perancis, Rumania, dan Yugoslavia untuk melakukan perjalanan. Secara total, 13 negara ikut ambil bagian: tujuh dari Amerika Selatan, empat dari Eropa dan dua dari Amerika Utara.

Pertama Piala Dunia dua pertandingan berlangsung secara bersamaan pada tanggal 13 Juli 1930, dan dimenangkan oleh Perancis dan Amerika Serikat, yang mengalahkan Meksiko 4-1 dan Belgia 3-0 masing-masing. Gol pertama dalam sejarah Piala Dunia dicetak oleh Lucien Laurent Perancis.  Di final, Uruguay mengalahkan Argentina 4-2 di depan kerumunan 93.000 orang di Montevideo, dan dengan demikian menjadi negara pertama yang memenangkan Piala Dunia.

Setelah penciptaan Piala Dunia, Olimpiade Musim Panas 1932, yang diadakan di Los Angeles, tidak berencana untuk memasukkan sepakbola sebagai bagian dari jadwal karena popularitas rendah olahraga di Amerika Serikat, seperti sepak bola Amerika telah semakin meningkat popularitasnya . FIFA dan IOC juga tidak setuju atas status pemain amatir, dan jadi sepak bola dijatuhkan dari Olimpiade. sepak bola Olimpiade kembali pada Olimpiade 1936, tapi sekarang dibayangi oleh Piala Dunia lebih bergengsi.


Masalah yang dihadapi awal turnamen Piala Dunia yang kesulitan perjalanan antarbenua, dan perang. Beberapa tim Amerika Selatan bersedia untuk melakukan perjalanan ke Eropa untuk 1934 dan 1938 turnamen, dengan Brazil satu-satunya tim Amerika Selatan untuk bersaing di kedua. 1942 dan 1946 kompetisi, yang Nazi Jerman dan Brasil berusaha untuk menjadi tuan rumah, dibatalkan karena Perang Dunia II dan sesudahnya.

Piala Dunia setelah Perang Dunia II

1950 Piala Dunia, yang diselenggarakan di Brasil, adalah yang pertama untuk menyertakan peserta Inggris. tim Inggris menarik diri dari FIFA pada tahun 1920, sebagian dari keengganan untuk bermain melawan negara-negara mereka telah berperang dengan, dan sebagian sebagai protes terhadap pengaruh asing di sepak bola,  tetapi bergabung kembali pada tahun 1946 menyusul undangan FIFA. Turnamen ini juga melihat kembalinya 1930 juara Uruguay, yang telah memboikot dua Piala Dunia sebelumnya. Uruguay memenangkan turnamen lagi setelah mengalahkan tuan rumah Brasil, dalam pertandingan yang disebut "Maracanazo" (Portugis: Maracana├žo).

Dalam turnamen antara 1934 dan 1978, 16 tim berkompetisi di setiap turnamen, kecuali pada tahun 1938, ketika Austria diserap ke Jerman setelah kualifikasi, meninggalkan turnamen dengan 15 tim, dan pada tahun 1950, ketika India, Skotlandia, dan Turki mengundurkan diri, meninggalkan turnamen dengan 13 tim. Sebagian besar negara-negara yang berpartisipasi berasal dari Eropa dan Amerika Selatan, dengan minoritas kecil dari Amerika Utara, Afrika, Asia, dan Oseania. Tim-tim ini biasanya dikalahkan dengan mudah oleh tim Eropa dan Amerika Selatan. Sampai tahun 1982, satu-satunya tim dari luar Eropa dan Amerika Selatan untuk memajukan keluar dari putaran pertama adalah: Amerika Serikat, semi-finalis pada tahun 1930; Kuba, perempat finalis pada tahun 1938; Korea Utara, perempat finalis pada tahun 1966; dan Meksiko, perempat finalis pada tahun 1970.

Turnamen FIFA lainnya

Sebuah setara turnamen untuk sepak bola wanita, Piala Dunia Wanita FIFA, pertama kali diadakan pada tahun 1991 di Cina.  Turnamen perempuan lebih kecil dalam skala dan profil dari laki-laki, tetapi tumbuh; jumlah pendatang untuk turnamen 2007 adalah 120, lebih dari dua kali lipat dari 1991.

Sepakbola telah dimasukkan dalam setiap Olimpiade Musim Panas kecuali 1896 dan 1932. Tidak seperti olahraga lainnya, turnamen sepak bola putra di Olimpiade bukanlah turnamen tingkat atas, dan sejak tahun 1992, U-23 turnamen dengan masing-masing tim diperbolehkan tiga berlebihan pemain usia. sepak bola perempuan membuat debut Olimpiade pada tahun 1996, dan diperebutkan antara tim nasional penuh tanpa batasan umur.

Piala Konfederasi FIFA adalah turnamen yang diselenggarakan satu tahun sebelum Piala Dunia di negara tuan rumah Piala Dunia sebagai gladi resik untuk Piala Dunia mendatang. Hal ini diperebutkan oleh para pemenang dari masing-masing enam kejuaraan konfederasi FIFA, bersama dengan juara Piala Dunia FIFA dan negara tuan rumah.

FIFA juga menyelenggarakan turnamen internasional untuk sepak bola muda (FIFA U-20 Piala Dunia, Piala Dunia FIFA U-17, FIFA U-20 Piala Dunia Wanita, FIFA U-17 Piala Dunia Wanita), klub sepak bola (FIFA Club World Cup), dan varian sepakbola seperti futsal (FIFA futsal World Cup) dan sepak bola pantai (pantai FIFA Piala Dunia). Yang terakhir tiga tidak memiliki versi perempuan, meskipun Piala Dunia Klub FIFA Wanita direncanakan untuk 2017.

Ketika Piala Dunia U-20 Wanita diadakan tahun sebelum Piala Dunia Wanita, kedua turnamen diberikan dalam proses penawaran tunggal. U-20 turnamen berfungsi sebagai gladi resik untuk kompetisi yang lebih besar, peran yang sama seperti Piala Konfederasi bermain di permainan pria.

Trophy

Dari 1930 hingga Tahun 1970, Jules Rimet Trophy diberikan kepada tim pemenang Piala Dunia. Ini pada awalnya hanya dikenal sebagai Piala Dunia atau Coupe du Monde, tetapi pada tahun 1946 itu berganti nama setelah presiden FIFA Jules Rimet yang mengatur turnamen pertama. Pada tahun 1970, kemenangan ketiga Brasil di turnamen berhak mereka untuk menjaga trofi secara permanen. Namun, piala itu dicuri pada tahun 1983 dan tidak pernah pulih, tampaknya dilebur oleh pencuri.

fifa world cup trofi
FIFA World Cup Trophy


Setelah tahun 1970, trofi baru, yang dikenal sebagai Piala Trophy FIFA World, dirancang. Para ahli dari FIFA, yang berasal dari tujuh negara, mengevaluasi 53 model yang disajikan, akhirnya memilih untuk karya desainer Italia Silvio Gazzaniga. Trofi baru adalah 36 cm (14,2 in) tinggi, terbuat dari 18 karat (75%) emas padat dan berat 6,175 kg (13,6 lb). dasar berisi dua lapisan perunggu semi mulia sementara sisi bawah piala beruang tahun terukir dan nama masing-masing pemenang Piala Dunia FIFA sejak tahun 1974. Deskripsi trofi oleh Gazzaniga adalah: "Garis melesat keluar dari dasar, meningkat di spiral, merentangkan untuk menerima dunia. dari ketegangan dinamis yang luar biasa dari tubuh yang kompak dari patung meningkat angka dari dua atlet pada saat pengadukan kemenangan.

Format Kompetisi

Kualifikasi

Sejak Piala Dunia kedua tahun 1934, turnamen kualifikasi telah diselenggarakan untuk tipis lapangan untuk turnamen final.  Mereka diadakan dalam enam zona FIFA benua (Afrika, Asia, Amerika Utara dan Tengah dan Karibia, Amerika Selatan, Oceania, dan Eropa), diawasi oleh konfederasi masing-masing. Untuk setiap turnamen, FIFA memutuskan jumlah tempat diberikan kepada masing-masing zona benua terlebih dahulu, umumnya didasarkan pada kekuatan relatif dari tim konfederasi '.

Proses kualifikasi dapat mulai sedini hampir tiga tahun sebelum turnamen final dan terakhir selama periode dua tahun. Format turnamen kualifikasi berbeda antara konfederasi. Biasanya, satu atau dua tempat yang diberikan kepada pemenang antarbenua play-off. Misalnya, pemenang dari zona Oseania dan tim urutan kelima dari zona Asia masuk play-off untuk tempat di Piala Dunia 2010. Dari Piala Dunia 1938 dan seterusnya, negara tuan rumah menerima kualifikasi otomatis ke turnamen akhir. Hak ini juga diberikan kepada juara bertahan antara 1938 dan 2002, namun ditarik dari Piala Dunia FIFA 2006 ke depan, membutuhkan juara untuk memenuhi syarat. Brasil, pemenang tahun 2002, adalah juara bertahan pertama yang memainkan pertandingan kualifikasi.

Final Turnamen
Untuk berbagai format yang digunakan dalam turnamen sebelumnya, lihat Sejarah Format Piala Dunia FIFA setiap turnamen final.
Turnamen final saat ini telah digunakan sejak tahun 1998 dan memiliki 32 tim nasional bersaing selama satu bulan di negara tuan rumah. Ada dua tahap: tahap grup diikuti oleh tahap sistem gugur.

Di babak penyisihan grup, tim bersaing dalam delapan grup dari empat tim masing-masing. Delapan tim yang diunggulkan, termasuk tuan rumah, dengan tim unggulan lainnya dipilih menggunakan formula yang berdasarkan pada FIFA World Rankings dan / atau pertunjukan di Piala Dunia terakhir, dan ditarik ke kelompok yang terpisah. Tim lain yang ditugaskan untuk berbeda "pot", biasanya didasarkan pada kriteria geografis, dan tim di masing-masing pot diambil secara acak untuk delapan kelompok. Sejak tahun 1998, kendala telah diterapkan untuk menarik untuk memastikan bahwa tidak ada kelompok berisi lebih dari dua tim Eropa atau lebih dari satu tim dari setiap konfederasi lainnya.

Setiap kelompok memainkan turnamen round-robin, di mana setiap tim dijadwalkan untuk tiga pertandingan melawan tim lain di grup yang sama. Ini berarti bahwa total enam pertandingan yang dimainkan dalam suatu kelompok. Putaran terakhir pertandingan masing-masing kelompok dijadwalkan pada waktu yang sama untuk melestarikan keadilan di antara semua empat tim. Dua tim teratas dari masing-masing muka kelompok untuk tahap sistem gugur. Tempat yang digunakan untuk menentukan peringkat tim dalam suatu kelompok. Sejak tahun 1994, tiga poin telah diberikan untuk menang, satu imbang dan tidak ada untuk kerugian (sebelum, pemenang menerima dua poin).

Jika kita menganggap semua hasil yang mungkin (win, draw, rugi) untuk semua enam pertandingan di grup, ada 729 (= 36) hasil yang berbeda kemungkinan kombinasi. Namun sejumlah (207) dari kombinasi ini menyebabkan hubungan antara tempat kedua dan ketiga. Dalam hal demikian, peringkat di antara tim-tim ini ditentukan sebagai berikut:

Greatest gabungan selisih gol di semua pertandingan grup
Jumlah terbesar gabungan gol di semua pertandingan grup
Jika lebih dari satu tim tetap tingkat setelah menerapkan kriteria di atas, peringkat mereka akan ditentukan sebagai berikut:
jumlah terbesar poin di head-to-head pertandingan antara tim-tim
selisih gol terbesar dalam head-to-head pertandingan antara tim-tim
jumlah terbesar gol yang dicetak di head-to-head pertandingan antara tim-tim
Jika salah satu tim di atas tetap tingkat setelah menerapkan kriteria di atas, peringkat mereka akan ditentukan oleh gambar dari banyak
Tahap sistem gugur adalah turnamen tunggal eliminasi di mana tim saling berhadapan di pertandingan satu-off, dengan waktu ekstra dan denda tembak-menembak yang digunakan untuk menentukan pemenang jika perlu. Ini dimulai dengan babak 16 (atau putaran kedua) di mana pemenang masing-masing kelompok bermain melawan runner-up dari kelompok lain. Hal ini diikuti oleh perempat final, semifinal, pertandingan tempat ketiga (diperebutkan oleh kehilangan semi-finalis), dan final.

Tuan Rumah Kompetisi

Proses seleksi

Piala Dunia awal diberikan kepada negara-negara di pertemuan kongres FIFA. Lokasi yang kontroversial karena Amerika Selatan dan Eropa yang sejauh ini dua pusat kekuatan dalam sepak bola dan perjalanan antara mereka diperlukan tiga minggu dengan perahu. Keputusan untuk menggelar Piala Dunia pertama di Uruguay, misalnya, menyebabkan hanya empat negara Eropa bersaing.  Dua Piala Dunia berikutnya keduanya diadakan di Eropa. Keputusan untuk memegang kedua ini di Perancis disengketakan, sebagai negara-negara Amerika Selatan dipahami bahwa lokasi akan bergantian antara dua benua. Argentina dan Uruguay sehingga memboikot Piala Dunia FIFA 1938.

Sejak 1958 FIFA World Cup, untuk menghindari boikot atau kontroversi di masa depan, FIFA mulai pola bolak host antara Amerika dan Eropa, yang berlanjut sampai Piala Dunia FIFA 1998. 2002 FIFA World Cup, yang diselenggarakan bersama oleh Korea Selatan dan Jepang, adalah orang pertama yang diselenggarakan di Asia, dan satu-satunya turnamen dengan beberapa host. Afrika Selatan menjadi negara Afrika pertama yang menjadi tuan rumah Piala Dunia 2010. Piala Dunia FIFA 2014 diselenggarakan oleh Brazil, yang pertama diadakan di Amerika Selatan sejak Argentina tahun 1978,  dan merupakan kesempatan pertama di mana berturut-turut Piala Dunia diadakan di luar Eropa.

Negara tuan rumah sekarang dipilih dalam pemungutan suara oleh Komite Eksekutif FIFA. Hal ini dilakukan di bawah sistem pemungutan suara yang lengkap. Asosiasi sepakbola nasional suatu negara yang ingin menjadi tuan rumah acara tersebut menerima "Hosting Perjanjian" dari FIFA, yang menjelaskan langkah-langkah dan persyaratan yang diharapkan dari tawaran yang kuat. Asosiasi penawaran juga menerima bentuk, pengajuan dari yang mewakili konfirmasi resmi dari pencalonan. Setelah ini, sekelompok FIFA ditunjuk inspektur mengunjungi negara untuk mengidentifikasi bahwa negara memenuhi persyaratan yang dibutuhkan untuk menjadi tuan rumah acara dan laporan pada negara dihasilkan. Keputusan tentang siapa yang akan menjadi tuan rumah Piala Dunia biasanya membuat enam atau tujuh tahun sebelum turnamen. Namun, ada kesempatan di mana host dari beberapa turnamen mendatang diumumkan pada saat yang sama, seperti yang terjadi untuk 2018 dan 2022 Piala Dunia, yang diberikan kepada Rusia dan Qatar masing-masing.

Untuk Piala Dunia 2010 dan 2014, turnamen final diputar antara konfederasi, sehingga hanya negara dari konfederasi yang dipilih (Afrika pada tahun 2010, Amerika Selatan pada tahun 2014) untuk mengajukan penawaran untuk menjadi tuan rumah turnamen. Kebijakan rotasi diperkenalkan setelah kontroversi seputar kemenangan Jerman atas Afrika Selatan dalam pemilihan untuk menjadi tuan rumah turnamen 2006. Namun, kebijakan rotasi benua tidak akan berlanjut setelah 2014, sehingga negara manapun, kecuali mereka yang termasuk konfederasi yang menjadi tuan rumah dua turnamen sebelumnya, dapat mengajukan permohonan sebagai tuan rumah untuk Piala Dunia mulai dari 2018. Hal ini sebagian untuk menghindari skenario yang mirip dengan proses penawaran untuk turnamen 2014, di mana Brasil adalah satu-satunya penawar resmi.
loading...
Tentang Blog   •  Hubungi Kami  •  Kebijakan Privasi  •  Sanggahan